Al-Qur’an sebagai Obat Hati

Editor : Tim Redaksi Dekombat

DEKOMBAT.COM – Pernahkah kalian merasa bahwa al qur’an menjadi obat disaat suasana hati sedang gundah? Atau ingatkah kalian pada saat itu untuk membacanya? Sering kali kebanyaan manusia sekarang lalai terhadapnya, mungkin karena kurangnya pengetahuan perihal ini. Nah pada kesempatan kali ini aku akan berbagi sedikit ilmu untuk kawan-kawan semua

Kawan semua sudah menjadi tabiat manusia bahwa jika menyukai sesuatu yang dapat menyenangkan hati dan menentramkan jiwanya, maka ia akan memperjuangkannya walaupun harus rela mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, dan biaya tuk mencapainya, bahkan sering kali kita jumpai manusia yang memakai cara-cara yang dibenci oleh Allah demi mencapai keinginannya. Mereka lupa bahwa ada cara yang lebih mudah tanpa harus berkorban hal-hal yang menimbulkan mudharat.

Allah Ta’ala telah mengingatkan kita dalam firman-Nya yang artinya “orang-orang yang beriman dan hati mereka bisa merasa tentram dengan mengingat Allah, ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah maka hati akan terasa tentram.”(QS. Ar-Rad: 28).

Makna mengingat Allah disini adalah mengingat Alqur’an, hati manusia bisa merasakan ketentraman jika ia mempunyai iman dan keyakinan didalam hatinya. Sejatinya semua ayat dalam al-qur’an adalah obat yang bisa menyembuhkan. Namun, ada beberapa ayat yang dikhususkan karena memiliki keutamaan sebagai obat penyembuh misalnya seperti surat Al-fatihah yang biasa dikenal dengan sebutan As-Syifa yang artinya obat.

Allah Ta’ala berfirman , yang artinya “Dan kami turunkan Al-qur’an sebagai penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian” (QS. Al-Israa’: 82)

Lalu bagaimana jika sudah membaca al-qur’an tetapi kita tidak merasakan perubahan pada diri kita? apakah kurang lama membacanya, atau tidak lancar? Nah membaca qur’an itu bukan dinilai dari seberapa lama membacanya, seberapa banyak ayat yang dibaca, dan seberapa bagus tajwidnya, akan tetapi seberapa lama kita membersamainya dalam hidup kita. Keberhasilan seorang manusia menjadikan al qur’an sebagai obat hati tergantung pada keimanannya, jikalau tidak sembuh bukan salah al qur’an tetapi keimanan kita yang kurang terhadap nya.

Selain itu Al-qur’an juga mempunyai keutamaan-keutamaan yaitu

  1. Al-Qur’an adalah Cahaya
    Cahaya yang menerangi hambanya menuju keselamatan dunia dan akhirat.
  2. Al-Qur’an adalah Petunjuk
    Petunjuk bagi umat islam dalam menaungi kehidupan.
  3. Al-Qur’an sebagai Obat dan Rahmat
    Obat dari segala penyakit dan Rahmat yang melenyapkan kerancuan dan kebodohan.
  4. Al-Qur’an dan Perniagaan Yang Tidak Akan Merugi
    Perniagaan yang tidak akan merugi adalah perniagaan yang sesuai dengan firman Allah dalam qur’an dan rasulullah dalam hadist.
  5. Al-Qur’an dan Kemuliaan Sebuah Umat
    Orang yang menghafalkan Al-Qur’an akan mendapatkan kemuliaan dari Allah yaitu mahkota yang terbuat dari emas untuk kedua orang tuanya dan mengajak 10 orang terdekat untuk masuk syurga bersamanya.
  6. Al-Qur’an dan Syafaat
    Al-qur’an akan memberikan syafaat di hari kiamat bagi umatnya yang membacanya.
  7. Al-Qur’an dan Pahala Yang Berlipat-lipat
    Barang siapa yang membaca satu huruf dalam al-qur’an maka dia akan mendapatkan satu kebaikan, yang mana satu kebaikan itu akan dibalas sepuluh kali lipat.

Jadi kawan-kawan sempatkanlah membaca al qur’an setiap harinya, walaupun tidak lama tetapi rutin. Insyaallah akan menimbulkan ketentraman dalam hati dan tentunya mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

Author : Bid. Tabligh

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *