DeKombat News: Waspada Cuaca Ekstrem

DeKombat.com – Waspada Cuaca Ekstrem

 

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang bisa terjadi akibat pengaruh tidak langsung siklon tropis karim dan sirkulasi siklonik.

Terkait peringatan dini cuaca ekstrem, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, siklon tropis karim terpantau di Samudra Hindia sebelah barat daya banten.

Menurut BMKG, siklon tropis karim adalah badai yang memiliki kekuatan besar dengan radius mencapai 150 hingga 200 km. Siklon tropis karim terbentuk di atas lautan luas karena air laut memiliki suhu yang hangat. Selain itu, BMKG juga menjelaskan bahwa siklon tropis karim ini memiliki tekanan rendah non-frontal yang tumbuh di perairan hangat dengan kecepatan angin yang mencapai 34 knot dan mampu bertahan sekitar 6 jam.

“Siklon tropis ini memberikan dampak secara tidak langsung terhadap peningkatan curah hujan, kecepatan angin dan peningkatan tinggi gelombang di Sumatera bagian selatan, Pesisir Barat Sumatera dan Samudra Hindia barat Sumatera-selatan Jawa,” jelas Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/5/2022).

Sirkulasi siklonik juga turut berpengaruh terhadap cuaca ekstrem. Sirkulasi siklonik adalah pusaran angin yang membawa massa udara atau uap air sebagai faktor utama pembentuk awan yang akan bergerak ke arah pusaran angin tersebut.

Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Seram bagian barat dan Kalimantan yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi). Konvergensi ini memanjang di Maluku, Maluku Utara, di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Papua.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” jelasnya.

Jurnalis: Mirsa Nur Laila

Editor: Galih Jati S

 

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Ruang Sasta: “Terjadi Lalu Syukuri”

Terjadi lalu Syukuri Halo, aku Shanza. Aku masih duduk di tahta paling junior di kampus …

Leave a Reply

Your email address will not be published.