Hari Media Sosial: Melirik Perkembangan Media Sosial di Indonesia

Editor: Tim Redaksi Dekombat

DEKOMBAT.COMMedia sosial memberikan banyak pengaruh positif pun tidak sedikit memberikan pengaruh negatif. Diperingati setiap 10 Juni dan dilahirkan sebagai bentuk kepedulian agar masyarakat meningkatkan kesadaran dalam bijak bermedia sosial. Melalui media sosial, mari menebarkan dampak positif untuk bermanfaat bagi kehidupan dan orang-orang disekitar.

Kehidupan sehari-hari kita memang tidak bisa dilepaskan dari media sosial. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna media sosial terbesar di dunia.

Jadi bagaimanakah perkembangan media sosial di Indonesia?

  • Media lama

Media lama merujuk pada bentuk media massa yang tidak banyak menggunakan teknologi internet dalam aktivitas sehari-harinya. Beberapa diantaranya seperti televisi, radio, surat kabar, dan lain sebagainya. Saat ini media lama mulai banyak ditinggalkan tetapi tidak seutuhnya ditinggalkan. Perkembangan teknologi justru memberikan inovasi terhadap media lama, seperti munculnya TV LED, radio streaming, e-paper, dsb.

  • Media baru

Istilah media baru muncul sejak munculnya era internet,  media ini merujuk pada media yang mengandalkan pada jaringan internet sebagai media distribusi pesan-pesan dalam media tersebut. Media ini berbasis teknologi dan sains.

  • Munculnya Media Sosial

Media sosial merupakan sebuah media yang digunakan untuk bersosialisasi antar penggunanya. Media sosial dan jaringan sosial menggunakan sistem yang sama yaitu media daring yang terhubung dengan internet.

  • Perkembangan media sosial di Indonesia

Media sosial di Indonesia mulai pesat mengikuti perkembangan akses internet pada para penggunanya, terlebih lagi dengan perkembangan infrastruktur internet yang ada di Indonesia seperti misalnya akses wi-fi, jaringan fiber, dsb.

  • Kemunculan Friendster pada tahun 2002 di Indonesia sempat menjadi situs jejaring sosial yang booming dikalangan remaja pada waktu itu
  • Disusul Facebook pada tahun 2004, namun di Indonesia mulai naik daun pada tahun 2008 dan menggeser friendster sebagai sarana berkenalan via dunia maya.
  • Kemudian Twitter muncul pada tahun 2009 sebagai situs jaringan sosial yang lebih sederhana.
  • Pada tahun yang sama, Whatsapp muncul sebagai situs jejaring sosial berbasis aplikasi. Namun pada saat itu aplikasi tersebut belum banyak diminati.
  • Selanjutnya pada tahun 2010 Instagram menjadi situs jejaring sosial di Indonesia yang diminati. Situs ini berfokus pada aktualisasi diri melalui foto dan video.
  • Line muncul pada tahun 2011 digunakan sebagai medium untuk bertukar pesan sehari-hari, situs jejaring sosial ini berfokus kepada pertukaran pesan baik kelompok maupun individu.
  • Snapchat juga muncul di Indonesia pada tahun yang sama, aplikasi pengirim pesan ini berfokus kepada visual baik foto maupun video yang disertai dengan efek gambar dan suara yang dapat dimasukan di dalamnya.

Author: Tim Redaksi Dekombat

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

RESMI! BANK SYARIAH INDONESIA. BAGAIMANA PENDAPAT MASYARAKAT FEB?

DEKOMBAT.COM – Senin (1/2) Bank Syariah Indonesia resmi disahkan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Bank …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *