HARI PERAWAT SEDUNIA

Hari perawat sedunia
Editor : Tim Redaksi Dekombat

DEKOMBAT.COM – Hari perawat sedunia adalah hari perayaan untuk menandai kontribusi perawat terhadap masyarakat. Dirayakan setiap tanggal 12 Mei setiap tahunnya.

Pada Januari 1974, tanggal 12 Mei dipilih untuk merayakan “Hari Perawat Internasional” karena itu merupakan hari ulang tahun kelahiran Florence Nightingale yang secara luas dianggap sebagai pendiri keperawatan modern. Florence Nightingale (Firenze, Italia, 12 Mei 1820 – 13 Agustus 1910) adalah pelopor perawat modern. Ia dikenali dengan nama The Lady With The Lamp dalam bahasa Inggris yang berarti “Sang Wanita dengan Lampu”. Nama depannya, Florence merujuk kepada kota kelahirannya, Firenze dalam bahasa Italia atau Florence dalam bahasa Inggris.

Hari Perawat Internasional ditujukan untuk memberi suatu kesempatan memperingati para perawat seantero dunia dan kontribusinya terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Para perawat memegang peran penting, basis dalam perkembangan kondisi fisik setiap pasien, sehingga mempengaruhi populasi dan sistem kesehatan. Perawat juga merupakan pekerjaan yang menanamkan kepedulian tentang kesehatan.

Pertama kali diprakarsai pada tahun 1953, tapi Hari Perawat Internasional belum resmi secara umum dinyatakan hingga 1974.Kini setiap tahunnya, Dewan Perawat Internasional atau International Council of Nurses (ICN) memilih tema apa yang akan diangkat. Tentu saja membahas isu-isu teraktual di bidang keperawatan.

Forence adalah sosok yang menginspirasi dunia. Dimana dunia kesehatan pada saat itu tidak semasyhur saat ini dan masih sedikit yang menjadi tenaganya. Namun mereka bisa menyadarkan hati manusia bahwa sosok perawat adalah bagian dari jantungnya dunia kesehatan.

Selamat Hari Perawat Sedunia!

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *