HUT Bhayangkara

Tim Redaksi Dekombat

DEKOMBAT.COM – Tanggal 1 juli diperingati sebagai HUT Bhayangkara oleh Kepolisian Republik Indonesia. Yang mana penamaan Bhayangkara diambil dari nama pasukan Kerajaan Majapahit di abad ke-14 masehi yang dipimpin oleh Mahapatih Gajahmada.

Penetapan 1 Juli sebagai HUT Bhayangkara berlaku setelah Penetapan Pemerintah No. 11 Tahun 1946 yang menetapkan kepolisian bertanggung jawab langsung kepada perdana menteri terhitung mulai tanggal 1 juli 1946 yang sebelumnya kepolisian dinaungi Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara dan hanya bertanggung jawab atas persoalan administrasi. Dengab begitu, setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara.

Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara tahun ini akan dilaksanakan secara sederhana, mengingat keadaan saat ini pada masa transisi menuju new normal. Untuk upacara peringatan Hari Bhayangkara juga akan digelar secara virtual yang akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Beberapa kegiatan yang dilakukan Polri dalam menyambut Hari Bhayangkara adalah dengan melaksanakan bakti sosial seperti donor darah, pembagian sembako, dan membersihkan kampung serta tempat ibadah. Selain kegiatan bakti sosial, Polri juga menggelar rapid test dan pembuatan SIM gratis bagi warga yang lahir bertepatan dengan Hari Bhayangkara yaitu 1 Juli.

sumber : https://www.antaranews.com

Author : Tim Redaksi Dekombat

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *