RABU: INTEGRITAS (MENYEMAI KEJUJURAN, MUNUAI KESUKSESAN & KEBAHAGIAAN)

Judul Buku : INTEGRITAS “MENYEMAI KEJUJURAN, MUNUAI KESUKSESAN & KEBAHAGIAAN”                

Penulis : Abdullah Hemahua

Editor : Ahmad Sahide & Muzakkir Djabir

Penerbit  : The Phinisi Press Yogyakarta Jl. Nitipuran No. 313 Yogyakarta

Perkataan Integritas berasal dari bahasa Inggris, integrity yang menurut kamus Bahasa Inggris-Indonesia, berarti : kejujuran, ketulusan hati, keutuhan. Sedangkan menurut kamus terbaru Bahasa Indonesia, integritas adalah kejujuran, mutu, sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki kemampuan yang memancarkan kewibawaan. Secara etimologis, integritas berasal dari perkataan Latin, tango atau integer yang berarti, utuh. Integritas menurut Gostick adalah “ketaatan yang kuat terhadap kode, khususnya nilai artistik tertentu (tanggung jawab, menepati janji, peduli terhadap kebaikan yang lebih besar, bertindak bagai diawasi, konsisten, dapat membawa integritas).” Maknanya, seseorang yang berintegritas adalah pribadi yang mempunyai komitmen yang kuat dalam menjalankan tugas karena dia berkarakter dan memiliki etika dan moral yang terpuji. Sedangkan menurut Hamdi Muluk, integritas adalah konsep yang luas dan integrasi beberapa konstruks, antara lain : jujur, bertanggungjawab, konsisten diantara kata dan perbuatan, bermoral, patuh, arif, dan bijaksana.

Berdasarkan pendapat-pendapat di atas, dapat diambil  makna bahwa integritas adalah pola pikir, sikap jiwa, dan gerakan hati nurani seseorang yang dimanifestasikan dalam ucapan, tindakan, dan perilaku : jujur, konsisten, berkomitmen, objektif, berani bersikap dan siap menerima resiko, serta disiplin dan bertanggung jawab. Berarti SDM berintegritas adalah individu yang memiliki nilai-nilai kejujuran, komitmen, konsisten, objektif, berani, disiplin, dan bertanggung jawab, baik sebagai anggota rumah tangga, siswa, mahasiswa, warga masyarakat, karyawan, ASN, pejabat, legislator, hakim, pengacara, maupun presiden dan wakil presiden.

Bagaimana pandangan agama tentang integritas? Jika integritas berasal dari bahasa inggris “integrity” (menyatu), maka di AL-Qur’an ditemukan perkataan “kaffah” (menyatu, total football). Dalam konteks ini, Allah SWT berfirman : “Hai orang-orang beriman, masuklah kedalam Islam secara totalitas dan jangan ikuti langkah-langkah syaitan karena dia adalah musuh kamu yang nyata.” ( QS. AL-Baqarah(2): 208). Jadi integritas menurut ayat ini adalah individu yang taat asas, sehingga tidak terjebak dengan bujuk rayu syaitan, baik berupa tahta, jabatan, maupun wanita yang diwakili oleh nominal uang tertentu.

Author : Immawan Choirul Huda

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

rabu: rembulan tenggelam di wajahmu

Judul : Rembulan Tenggelam di WajahmuPenulis : Tere LiyeTahun Terbit : 2006Penerbit : Republika Novel …

Leave a Reply

Your email address will not be published.