KEBIJAKAN DARI BEBERAPA UNIVERSITAS DI INDONESIA TERKAIT KULIAH DARING

Keadaan sekarang ini membuat semua masyarakat panik dan harus berhati hati saat menjalankan berbagai aktifitas yang dilakukan sehari hari. Baik itu bekerja dikantor, guru, mahasiswa maupun pekerja lainnya. Dalam hal ini, pemerintah pun sangat menghimbau dan para lembaga lainnya ikut serta turun tangan guna memutus rantai penyebaran virus Covid 19.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, pembelajaran di perguruan tinggi pada semua zona masih wajib dilaksanakan secara daring hingga ada kebijakan lebih lanjut.
Karena keselamatan adalah yang nomor satu, saat ini perguruan tinggi masih melakukan secara online sampai ke depannya mungkin kebijakan berubah. Tapi, sampai saat ini belum berubah, jadi masih melakukan secara daring. Itu adalah keputusan dari Kemendikbud saat ini,” terang Nadiem dalam konferensi video Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19.
Wakil Rektor UMY bidang Akademik, Dr. Sukamta, S.T., M.T. mengatakan bahwa layaknya blend learning maupun PJJ atau ODL, Kuliah Dalam Jaringan merupakan sistem perkuliahan yang berlangsung secara online dengan frekuensi tatap muka yang jarang atau bahkan tanpa tatap muka secara langsung. “Hal ini merupakan langkah UMY dalam menghadapi era modern untuk mengikuti perkembangan zaman di masa depan,” ujarnya sebelum Kuliah Daring yang dilakukan Dr. Agus Sidarejo dimulai.
Sukamta juga menjelaskan bahwa kuliah umum yang membahas tentang kuliah DARING ini merupakan agenda persiapan bagi pejabat struktural dan khusunya dosen UMY yang di masa depan akan menjadi tokoh utama dalam proses perkuliahan DARING tersebut. “kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai kuliah DARING sebagai salah satu cara UMY sebagai kampus muda mendunia. Harapanya di masa depan nanti timeline e-learning UMY sudah bisa di akses oleh berbagai mahasiswa dari setiap penjuru dunia. Yang kemudian menjadikan kuliah DARING sebagai jembatan bagi dosen-dosen UMY untuk memiliki mahasiswa dari luar negeri, sehingga UMY bisa menjadi kampus kelas dunia,”

UGM juga telah mulai menerapkan pembelajaran daring seiring dengan diberlakukannya pembatasan maksimal kegiatan di kampus sejak tanggal 23 Maret lalu.
Dalam sebuah survei yang melibatkan ribuan mahasiswa dan dosen sebagai responden, sebanyak 80 persen mahasiswa mengutarakan bahwa dosen telah mampu menyampaikan materi secara daring dengan kualitas yang serupa dengan ketika kuliah dilaksanakan di dalam kelas.
Sementara itu, sebanyak 60 persen dosen juga mengaku telah cukup familiar dengan sistem pembelajaran daring.
Meski demikian, untuk mempersiapkan para dosen memasuki semester yang baru, di bulan Juni dan Juli ini PIKA juga akan memberikan pelatihan tambahan bagi dosen untuk dapat meningkatkan keterampilan dan mengoptimalkan menu-menu pada aplikasi interaktif daring.
Dengan beragam fasilitas yang telah dimiliki, UGM menurutnya telah siap untuk menghadapi normal baru, dan pandemi virus corona tidak menjadi penghalang bagi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk tetap dilangsungkan.

Dengan demikian, beberapa kampus tadi memiliki kesepakatan dengan pihak masing masing bahwa kesepakatan menjalankan kuliah melalui kegiaitn online atau daring.

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *