KKN UMY

Pada tanggal 18 Januari 2023, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan seremoni penerjunan KKN Reguler Tematik dan Kebencanaan “Recovery Cianjur” semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Seremonial ini merupakan penanda dari dimulainya program KKN periode ganjil 2022-2023. Pada periode kali ini, KKN dilakukan dengan 2 model, yaitu Tematik Reguler dan Recovery Cianjur.

Jumlah peserta KKN untuk gelombang pertama periode 2022/2023 tercatat Sebanyak 2.663 mahasiswa. KKN UMY kali ini berlangsung kurang lebih 1 bulan, dari tanggal 19 Januari – 17 Februari 2023. Mahasiswa akan ditempatkan diberbagai daerah terkhusus wilayah pedesaan daerah DIY, Jawa Tengah, Jawa barat, dan Jawa Timur.

Seremonial penerjunan KKN tersebut bertempat di Sportorium UMY, dan dihadiri oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi (video conference), Gubernur DIY (diwakili Kepala Bappeda DIY, Drs Beny Suharsono, MSi), Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Hilman Latief, SAg., MA., PhD, Badan Pembina Harian UMY, Dr H Agung Danarto, MAg, Rektor UMY, Prof Dr Ir Gunawan Budiyanto, MP., IPM., ASEAN., Eng beserta jajaran pimpinan, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Tujuan dari KKN UMY adalah sarana pemberdayaan masyarakat sebagai pengejawantahan surat Al-Ma’un sesuai dengan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah. Harapan mahasiswa terkait program KKN ini adalah ilmu yang telah dipelajari selama dikampus dapat disebarluaskan kepada masyrakat. Adapun macam-macam KKN UMY adalah:

  • KKN Reguler

KKN Reguler dilaksanakan dua (2) kali dalam setahun, yaitu pada saat libur pergantian semester gasal maupun genap.

  • KKN International

KKN Internasional terbagi menjadi dua, inbound (dalam negeri) dan outbound (luar negeri) dengan melibatkan mitra luar negeri.

  • KKN Mandiri

KKN Mandiri adalah kegiatan KKN yang bertumpu dari inisiatif kelompok/ komunitas mahasiswa dalam melihat permasalahan suatu lokasi di wilayah Negara Republik Indonesia.

  • KKN Persyarikatan Muhammadiyah

KKN Persyarikatan adalah kegiatan KKN yang diselenggarakan berdasarkan program kerjasama dengan Persyarikatan Muhammadiyah.

  • KKN Kerjasama Pemerintah

KKN Kerjasama Pemerintah merupakan kegiatan KKN yang diselenggarakan antara LPM UMY dengan lembaga pemerintahan dengan tema tertentu.

  • KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Program KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program KKN yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Untuk lebih jelasnya terkait KKN di Universitas Muhammadiyah Yogyakrta temen temen bisa kunjungin website resminya di https://lpm.umy.ac.id/divisi-pengabdian-mahasiswa

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Tim YSI PK IMM FEB UMY Melaksanakan Kerja Bakti Persiapan Rumah Magot

Pada Senin (14/08/2023), langkah konkret dalam agenda penerjunan awal dilakukan oleh Tim Young Sustainable Initiative …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *