Panggung Karya KMFEB Peduli: Berkaya sambil berdonasi, Membantu sesama dalam kolaborasi

DEKOMBAT.COM – Awal tahun 2021 Indonesia diselimuti duka karena terjadi bencana alam dan non alam. Di awali dengan erupsi Gunung Sinabung, lalu jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu, disusul terjadinya longsor di Sumedang, banjir di Kalimantan Selatan, gempa di Sulawesi Barat, erupsi Gunung Semeru, dan bencana2 lainnya.

Berangkat dari hal itu KM FEB (Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis) mengadakan kegiatan KM FEB PEDULI. KM FEB PEDULI adalah salah satu platform yang mewadahi mahasiswa maupun masyarakat umum dengan tujuan dapat berbagi dan membantu saudara sesama manusia. Platform ini diciptakan dari gerakan kolaborasi Keluarga Mahasiswa FEB UMY yang dipimpin oleh seluruh lembaga dan komunitas di FEB UMY dengan prinsip “Duka Mereka, Duka Kita Juga” .

KM FEB PEDULI ini akan menjadi gerakan yang selalu tanggap terhadap permasalahan yang ada baik tanggap bencana maupun tanggap terhadap permasalahan sosial. “InsyaAlloh kedepannya KM FEB PEDULI ini akan selalu tanggap untuk mewadahi mahasiswa dan masyarakat dalam gerakan sosial khususnya di bidang pemberdayaan dan bantuan sosial. Jadi KM FEB PEDULI diharapkan tidak hanya terbatas pada tanggap bencana saja, tetapi tanggap sosial untuk masyarakat yang membutuhkan”. Ungkap Muhammad Fatwa selaku Gubernur FEB UMY.

KM FEB PEDULI diikuti oleh keluarga mahasiswa FEB UMY yang berarti seluruh mahasiswa FEB yang dikomandoi oleh lembaga dan komunitas mahasiswa di FEB UMY meliputi: BEM FEB, DPM FEB, IMM FEB, HIMAMA, HIMA, HIMIE, KSPM, YOUTPRENEUR, GESFID serta seluruh donatur untuk Banjir Kalsel dan Gempa Sulbar yang berdonasi via KM FEB PEDULI. KM FEB PEDULI membuka donasi kali ini untuk kalimantan selatan dan sulawesi barat yang dimulai dari tanggal 18 Januari 2021 sampai 1 Februari 2021, dana yang sudah terkumpul sebesar Rp 23.225.000.

Dana yang terkumpul akan diprioritaskan untuk mahasiswa FEB UMY yang terdampak banjir Kalsel dan Gempa Sulbar jika ada dan jika tidak ada maka donasi tersebut akan ditujukan untuk masyarakat umum yang terdampak bencana tersebut. Untuk penyaluran donasi tersebut, KM FEB PEDULI menggandeng Lazismu yang sudah terpercaya oleh masyarakat dan tidak perlu diragukan lagi.

Selain berdonasi melalui platfrom, KM FEB UMY juga mengadakan panggung karya. Dimana mahasiswa FEB UMY dapat berkarya sambil berdonasi. Panggung Karya merupakan suatu bentuk kreatifitas mahasiswa FEB UMY. Panggung karya ini merupakan rangkaian acara dari KM FEB PEDULI sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana alam yang terjadi akhir – akhir ini.

Mahasiswa KM FEB UMY dalam pelaksanaan galang dana tetap memerhatikan protokol kesehatan dan tidak turun langsung ke persimpangan jalan. Oleh karena itu KM FEB mengadakan galang dana dengan nuansa baru yang terinspirasi dari galang dana yang dilakukan para artis yaitu dengan konsep mini konser sehingga muncul tema “berkarya sambil berdonasi”.

Panggung karya ini dilaksanakan di Kedai Skata pukul 15.00-17.00 WIB dan disiarkan langsung melalui akun Instagram @kmfeb_umy dan dihadiri oleh perwakilan dari Lembaga, komunitas, diorama, pegiat seni, dan penulis buku Hujan Kota Api ( Berlian Gema Putra ). Walaupun dalam pelaksanaan panggung karya ini terdapat kendala mulai dari perizinan tempat hingga keterlambatan waktu, acara panggung karya ini tetap terlaksana dengan baik.

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *