PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR

Editor : Tim Redaksi Dekombat

DEKOMBAT.COM – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk di suatu wilayah yang dilakukan untuk mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam rangka penanganan COVID-19. Langkah ini disesuaikan dengan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 yang intinya bahwa seluruh masyarakat Jakarta selama dua minggu ke depan diharapkan untuk berada di rumah dan meniadakan segala kegiatan di luar rumah. Pergub ini berlaku mulai Jumat (10/4) yang mengatur semua kegiatan di kota Jakarta diantaranya kegiatan perekonomian, sosial, budaya, keagamaan, dan pendidikan.

Ketika konferensi pers melalui daring di Balai Kota, Anies menyatakan bahwa kendaraan pribadi baik roda empat atau roda dua hanya dibolehkan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan untuk kegiatan sektor yang mendapat pengecualian. “Secara prinsip dilarang bepergian menggunakan kendaraan kecuali untuk memenuhi kebutuhan pokok,” ujar Anies tentang PSBB di Jakarta.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh masyarakat Jakarta selama PSBB diberlakukan yaitu :

Larangan makan di restoran, pesanan harus dibawa pulang

Salah satu poin yang ada dalam PSBB ini adalah larangan bagi pembeli untuk makan di restoran, dan pembeli harus membawa pulang makanannya ke rumah. Menurut Anies, hal ini bukan untuk menutup kegiatan usaha tetapi untuk mengurangi interaksi di restoran.

Hotel harus menerima tamu yang melakukan isolasi diri

Setiap hotel di Jakarta wajib menyediakan layanan bagi tamu yang akan melakukan isolasi diri secara mandiri dengan meniadakan aktivitas dan menutup fasilitas hotel yang dapat menimbulkan kerumunan orang dalam area hotel.

Olahraga hanya boleh di sekitar rumah

Kegiatan olahraga yang dilakukan setiap masyarakat dilakukan secara mandiri dan tidak boleh berkelompok. Artinya aktivitas olahraga hanya boleh dilakukan di sekitar rumah.

Dengan adanya pemberlakuan ini, gubernur Anies mengajak masyarakat Jakarta untuk disiplin selama masa PSBB berlangsung sebagai upaya mencegah penyebaran dan menghentikan wabah, serta mengarahkan masyarakat agar tetap waspada dan menjaga diri dari COVID-19.

Author : Tim Redaksi Dekombat

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *