PENGALAMAN ADALAH GURU YANG TERBAIK BAGI KEHIDUPAN

Sering kali terdengar oleh kita dalam keseharian ungkapan “Pengalaman Adalah Guru Terbaik”. Kalimat ini mengandung makna yang mendalam, bahwa dalam hidup ini dibutuhkan bekal pengalaman agar dapat dijalani dengan baik. Sehingga kesalahan yang pernah dilakukan tidak terulang untuk kedua kalinya. Dalam artian terjerumus ke dalam lubang yang sama. Tidak berlebihan bila kita melihat lowongan pekerjaan yang dimuat pada media sosial atau media massa, mensyaratkan calon pelamar memiliki pengalaman atas pekerjaan yang diiklankan dalam masa tertentu. Fakta ini jelas membuktikan kepada kita betapa berharganya sebuah kata yang bermakna “pengalaman”


“Pengalaman adalah guru yang paling berharga” pribahasa yang sudah sering kita dengar dan tidak asing lagi bagi kita. Pribahasa ini mengandung makna yang mendalam. Pada dasarnya kejadian atau peristiwa menyenangkan merupakan suatu akibat dari apa yang telah kita usahakan dan perjuangkan di masa lampau. Bila kita mengusahakan dengan cara yang salah, maka kita akan menuai hasil yang tidak menyenangkan dan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Begitupun sebaliknya, bila kita mengusahakan dengan cara yang benar dan bersungguh-sungguh, maka kita akan mendapatkan hasil yang menyenangkan dan sesuai dengan harapan kita. Kejadian atau peristiwa tidak menyenangkan akan menjadi bekal seseorang mengambil hikmah untuk lebih berhati-hati dalam bertindak, bertutur kata, merencanakan dan mempertimbangkan secara cermat sebelum mengambil langkah.


Manfaat dari pengalaman :
Menambah wawasan atau pengetahuan.
Sebagai acuan untuk menjadi yang terbaik atau menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Belajar dari sebuah kegagalan.
Mengembangkan keterampilan secara maksimal.
Bekal penting untuk keputusan karier di masa depan.
Pengalaman adalah guru yang paling terbaik, guru yang paling sabar dan tidak pernah marah. Belajar dari pengalaman sama artinya dengan belajar memaknai hidup dengan mempelajari dan mengambil hikmah dari kejadian atau peristiwa yang telah kita alami. Apapun yang kita kerjakan hari ini akan menjadi pengalaman untuk dikemudian hari. Kemarin adalah masa lalu, hari ini adalah kenyataan, dan besok adalah harapan, jadikanlah pengalaman guru terbaikmu karena pengalamanmu dapat menentukan hidupmu.

Author : Tim Redaksi Dekombat

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *