PENULARAN COVID-19 JATENG-DIY SEMAKIN MELONJAK


Peningkatan penularan covid-19 di kawasan daerah DIY dan sejumlah beberapa daerah di Jawa Tengah mengalami kelonjakan yang sangat drastis. Pada tanggal 15 Juli 2020 kemarin, salah satunya di daerah Solo mendapati kasus positif covid-19 kembali meningkat dengan penambahan 29 orang, jadi dapat diakumulasi menjadi 100 orang yang terkena positif covid-19. Selain di daerah Solo, terdapat juga di daerah Klaten yang bertambah jumlahnya menjadi 20 kasus, sedangkan di DIY mengalami penambahan, yaitu 9 orang yang terkena positif covid-19 saat ini. Penambahan kasus baru covid-19 di Solo dikarenakan hasil kontak erat dengan orang lain yang telah positif terkena covid-19, contohnya: sorang penjual kupat tahu di daerah Purwosari dan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di Universitas Sebelas Maret (UNS).
“Penambahan 29 orang yang terkena positif covid-19 saat ini secara rinci sebagai berikut: 13 mahasiswa PPDS UNS, 6 orang penjual kupat tahu, 6 orang dari keluarga seseorang yang berasal dari daerah Semarang yang berkeinginan berkunjung ke Solo, 2 orang kerabat warga Sumber yang seminggu lalu meninggal dikarenakan terkena positif covid-19 , dan 1 orang yang telah melakukan test swab mandiri yang menunjukkan orang tersebut positif covid-19”, jelas Siti Wahyuningsih (Kepala Dinas Kesehatan Kota). Siti Wahyuningsih telah menyatakan bahwa orang yang terkena positif covid-19 sangat meningkat yang berdomisili di luar kota.
Dengan adanya penambahan kasus covid-19 yang sangat meningkat saat ini, dikarenakan masyarakat tidak mematuhi penerapan protol kesehatan yang telah dianjurkan. Juru Bicara Satgas Gugus Percepatan Penangan Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo telah menyampaikan bahwa penambahan 20 pasien yang terkena positif covid-19 di daerah Klaten telah tersebar di berbagai 3 kecamatan, yaitu: Kecamatan Tulung berjumlah 12 pasien, Kecamatan Polanharjo, berjumlah 3 pasien, dan Kecamatan Klaten bagian utara berjumlah 5 pasien.
Sedangkan di daerah DIY, telah disampaikan oleh Juru Bicara Pemda DIY terkait penanganan virus corona. Berty Murtiningsih di Yogyakarta menyampaikan bahwa penambahan 9 orang terkena postif covid-19 menyebabkan meningkatnya kasus covid-19 DIY menjadi 396. Pertambahan kasus seperti ini memiliki riwayat penularan baik dari imported case, hasil skrining, rapied test massal, hingga berkontakan langsung terhadap orang yang positif covid-19 yang biasa disebut sebagai “tranmisi lokal”.

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tuntunan Ibadah Ramadan 1442 H dalam kondisi Pandemi Covid-19

Dekombat.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pada tanggal 22 maret 2021 Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan “Tuntunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *