Perdana, KPUM FEB UMY Gelar Pemilwa Online

DEKOMBAT.COM – Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KPUM FEB UMY) kembali menyelenggarakan agenda Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) pada tahun ini. Pemilwa meupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh KPUM-KM FEB UMY sebagai pesta demokrasi yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk memilih calon Gubernur, Wakil Gubernur, dan calon Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) KM FEB UMY. Pesta demokrasi di FEB UMY ini hadir sebagai suatu praktek langsung pendidikan demokrasi di lingkungan kampus dan untuk menciptakan keberlanjutan kepemimpinan di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Adanya pandemi yang berdampak pada seluruh elemen kehidupan termasuk bidang pendidikan dan aktivitas perkuliahan, berdampak pada  pembatasan kegiatan di kampus dan berlakunya regulasi yang harus dipatuhi oleh semua civitas akademika UMY termasuk mahasiswa FEB. Penyelenggaraan Pemilwa tahun ini mengusung tema “Membangun Ghirah Demokrasi dengan Pemilwa Online KM FEB yang SEHAT (Sportif, Efektif, Harmonis, Aspiratif, dan Taat asas).” Dari tema yang diusung, diharapkan pesta demokrasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini tetap bergairah karena kegiatan ini adalah kesempatan untuk kita berpikir adaptif dan mencari alternatif, melalui Pemilwa ini juga nantinya terdapat keberlanjutan kepemimpinan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang mampu membawa FEB UMY menjadi semakin baik dan berkualitas. Pemilwa yang diadakan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pelaksanaan pemilihannya akan dilakukan secara online dan juga nantinya ada penerapan protokol kesehatan di setiap acara.

Menjelang Pemilwa FEB UMY yang akan dilaksanakan pada bulan Desember ini, Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (KPUM FEB) telah mengumunkan timeline Pemilwa FEB UMY 2020 pada Rabu (16/12) melalui media sosial Instagram. Berdasarkan timeline tahun ini, kegiatan Pemilwa akan dimulai dengan sosialisasi Pemilwa pada 17 Desember hingga nantinya puncak acaranya yaitu pemungutan suara pada tanggal 31 Desember 2020. Selain itu, KPUM FEB juga menyusun beberapa penyesuaian terkait peraturan pelaksanaan Pemilwa 2020 misalnya pelaksanaannya yang menggunakan sistem online. Pada Kamis (18/12), rangkaian acara pesta demokrasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis  ini sudah memasuki tahap pendaftaran partai politik dan rangkaian kegiatan akan dilanjutkan sesuai dengan timeline yang telah disusun. KPU membuat perubahan terkait pendaftaran dan pengumpulan berkas menjadi secara online, yakni dengan pendaftar mengisi dan mengirimkan form yang telah disediakan oleh Komis Pemilihan Umum. Tidak hanya pendaftaran yang dilakukan secara online, akan tetapi sistem pemungutan suara pada Pemilwa 2020 nanti juga dilaksanakan secara online.

Seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis diharapkan ikut berpartisipasi dalam jalannya Pemilwa 2020. Penggunaan hak suara mahasiswa FEB UMY juga sebagai langkah untuk mewujudkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi fakultas yang semakin baik dan berkualitas di periode kedepannya. “Guna menumbuhkan kesadaran mahasiswa untuk menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi di FEB UMY, Komisi Pemilihan Umum telah mengadakan sosialisasi Pemilwa secara online pada Kamis (17/12/2020). Selain itu juga diimbangi dengan penyebaran informasi melalui media sosial instagram, whatsapp grup angkatan dan grup kelas” tutur Muhammad Alif selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa KMFEB 2020.

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *