Perubahan Gugus Tugas Menjadi Satuan Tugas

DEKOMBAT.COM – Pada Senin, 20 Juli 2020 presiden Joko Widodo telah mengeluarkan dan mengesahkan peraturan presiden nomor 82 tahun 2020 tentang komite penanganan Corona Virus Desease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam peraturan baru ini presiden menghapus keberadaan gugus tugas penanganan Covid-19 dan menggantinya dengan satuan tugas (satgas) penanganan Covid-19.

Dalam pembentukan gugus tugas penanganan Covid-19 diikuti dengan dua satuan tugas yang berada dibawah komite. Yaitu satuan tugas penanganan Covid-19 dan satuan tugas pemulihan ekonomi nasional yang sudah tertera dalam pasal 7 yang diketuai oleh kepala badan nasional penanggulangan bencana. Dalam pemulihan ekonomi nasional diketuai wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin.

Dalam pembubaran gugus tugas ini bukan berarti tidak ada yang menangani dalam kasus pandemi ini, tetapi secara fungsi akan tetap berjalan di satuan tugas pemulihan Covid-19 dan tetap diketuai oleh Doni Monardo. Disini juga terdapat perbedaan, diantaranya yaitu dalam rantai komando gugus tugas percepatan berdiri sendiri yang diatur secara hukum melalui surat keputusan kepresidenan nomor 7 tahun 2020 dalam hal gugus tugas penanganan Covid-19 dan aturannya harus melaporkan langsung kepada presiden.

Selain itu satgas penanganan Covid-19 ada di bawah komite penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang diketuai oleh menteri koordinator bidang perekonomian Airlangga Hartanto dan ketua pelaksana komite di jabat oleh menteri BUMN Erick Thohir yang tugasnya mengoordinir antara satgas Covid-19 yang diketuai oleh Doni dan satgas pemulihan ekonomi Nasional yang di ketuai oleh Budi Gunadi Sadikin.  Ketiga pimpinan yang saling berkaitan diharuskan melaporkan langsung ke presiden dan secara fungsi yang ada dalam pasal 6 satgas dengan gugus memiliki kerja dan keanggotaan yang sama dari pemerintah.

Author : Tim Redaksi Dekombat

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

RESMI! BANK SYARIAH INDONESIA. BAGAIMANA PENDAPAT MASYARAKAT FEB?

DEKOMBAT.COM – Senin (1/2) Bank Syariah Indonesia resmi disahkan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Bank …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *