RABU: Matinya Kepakaran (The Death of Expertise)

Judul Buku     : Matinya Kepakaran (The Death of Expertise)

Penulis            : Tom Nichols

Penerbit         : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2018

Tebal              : 293 halaman

ISBN                : 978-602-481-073-3

Mereka yang berada di lembaga pendidikan, mengabaikan tugas mereka untuk berhubungan dengan masyarakat. mereka menarik diri ke dalam jargon dan hal-hal yang tidak relevan, memilih untuk berinteraksi dengan sesamanya saja. Sementara itu mereka berada di tengah-tengah, yang kita kenal sebagai “intelektual publik” menjadi frustasi dan terpolarisasi seperti warga yang lain. Dunia berorientasi informasi, yang semua warganya percaya bahwa dirinya adalah pakar dalam semua hal. Alami, khas, modernitas, dan kemajuan ekonomi bias konfirmasi.

ketidaktahuan saya sama berharganya dengan pengetahuan anda ”

– Issac Asimov –

Pakar dan Demokrasi menjadi titik yang ditekankan. Dimana pengetahuan menjadi kata yang terus dibahas, dan dikuatkan. Temasuk bagaimana menyikapi demokrasi dengan berbekal pengetahuan yang mapan. Dimana informasi-informasi tersebar begitu mudah dan dalam jumlah yang banyak. Sehingga melalui pengetahuan perlunya upaya memeriksa. Nicholas juga menjelaskan dimana kelompok intelektual dan pakar kebijakan jarang sekali kaya atau berkuasa, memberi sebuah gambaran bahwasanya kemapan ilmu tak menjadikannya haus akan kuasa.

Sebuah buku yang menggaungkan akan perlawanan terhadap pengetahuan yang telah mapan dan mudaratnya. Berfokus pada latar Amerika namun sangat lekat juga dengan permasalahan terkait negara-negara yang ada di dunia, tak terlepas Indonesia. Nichols berduka atas rusaknya kemampuan kita untuk memiliki debat publik yang konstruktif dan positif. Dia mengingatkan kita bahwa kita semakin berada di dunia di mana perselisihan dipandang sebagai penghinaan pribadi. Dunia di mana argumen lebih berarti konflik daripada debat, dan ad hominem adalah aturan dan bukan pengecualian.

” Sekumpulan orang yang ingin menjadi pemerintah bagi dirinya sendiri harus mempersenjatai diri mereka dengan kekuatan pengetahuan. “

– James Madison –

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

rabu: rembulan tenggelam di wajahmu

Judul : Rembulan Tenggelam di WajahmuPenulis : Tere LiyeTahun Terbit : 2006Penerbit : Republika Novel …

Leave a Reply

Your email address will not be published.