RABU: Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodoamat

Editor: Tim Redaksi Dekombat

“Hasrat untuk mengejar semakin banyak pengalaman positif sesungguhnya adalah sebuah pengalaman negatif. Sebaliknya, secara paradoksal, penerimaan seseorang terhadap pengalaman negatif justru merupakan sebuah pengalaman positif.”

halaman 10

Buku ini diawali dengan kisah hidup Charles Bukowsky, yang mempunyai kejujuran terhadap dirinya, ia tidak ingin mencoba menjadi orang lain, ia hanya ingin menjadi dirinya sendiri, tanpa rasa segan dan ragu ia akan mengakui hal – hal buruk yang dijalaninya dan tanpa ada niatan untuk menjadi lebih baik hanya karena dia sudah menjadi pemenang.

Dari kisah ini Manson menyampaikan bahwa kunci kehidupan yang baik memang bukan tentang memedulikan lebih banyak hal tapi tentang memedulikan hal sederhana, hanya peduli tentang apa yang benar, mendesak dan penting saja. Karena ketika kita kurang memedulikan sesuatu kita justru mengerjakan hal itu dengan baik. Dengan kata lain bersikap bodo amat sesungguhnya akan menghasilkan hal yang besar yang membuat kita memandang tanpa gentar tantangan yang paling menakutkan dan sulit dalam kehidupan dan mau mengambil suatu tindakan.

Masa bodo yang dimaksud dalam buku ini bukan berarti menjadi acuh tak acuh tanpa rasa peduli, melainkan masa bodo berarti nyaman saat menjadi berbeda tanpa memperdulikan pandangan orang lain, dan masa bodo dengan orang lain yang penting sampai ke tujuan kita.

Dalam kehidupan ini kita juga tidak akan pernah berhenti mengalami penderitaan dan kesulitan, karena memang penderitaan dan kesulitan itu mustahil untuk dihindari, melainkan harus kita hadapi dan nikmati. Apapun yang kita lakukan, hidup ini akan tetap berisi kegagalan, kerugian, penyesalan dan bahkan kematian. Jangan menyalahkan kesakitan yang datang karena kesakitan tersebut yang membuat kita belajar untuk tidak mengulanginya di kemudian hari, hadapi semua yang terjadi,selesaikan masalah yang ada,kerena keberhasilan memecahkan masalah adalah sebuah kebahagiaan yang nyata.

Selesaikan masalah lalu berbahagialah!!!

Hiduplah dengan apa adanya tanpa perlu terlalu peduli pada hal yang seharusnya tak perlu dipedulikan. Karena berprinsip bodo amat itu sesungguhnya menyenangkan dan bermanfaat.

So…, thank you for inspiring me, Manson.

Judul asli : The subtle art not giving f*ck
Judul : Sebuah seni untuk bersikap bodoamat
Penulis : Mark manson
Penerjemah : F.wicaksono
Tahun terbit : 2018
Tebal buku : 246 halaman

Author : Bidang RPK

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

rabu: rembulan tenggelam di wajahmu

Judul : Rembulan Tenggelam di WajahmuPenulis : Tere LiyeTahun Terbit : 2006Penerbit : Republika Novel …

Leave a Reply

Your email address will not be published.