Shafiyyah binti Abdul Muthalib Wanita Pejuang di Medan Perang

User Rating: 4.41 ( 1 votes)

DeKombat.com – Shafiyyah binti Abdul Muthalib Wanita Pejuang di Medan Perang

Sosok Muslimah Tangguh di Dalam dan di Luar Rumah.

Shafiyyah adalah putri Abdul Muthalib bin Hasyim, kakek Nabi Muhammad  ﷺ  sekaligus tokoh Quraisy yang dihormati penduduk Makkah. Sedangkan ibunya bernama Halah binti Wahab, saudari Aminah, Ibunda Rasulullah ﷺ. Shafiyyah dibesarkan di lingkungan keluarga yang mulia, sehingga ia terbentuk menjadi pribadi yang kuat dan cerdas. Tutur kata yang fasih dan luhur, komprehensif, dan pemberani. Bahkan meski hanya seorang wanita, ia piawai dalam menunggang kuda dan berperang dengan pedang layaknya seorang ksatria.

Shafiyyah menjadi muslimah yang rajin dan taat dalam beribadah. Lisannya tidak pernah berhenti mengingat Allah SWT. Dalam benaknya selalu terlintas bagaimana caranya membantu dan mempersembahkan yang terbaik untuk dakwah islam. Dengan kegigihan serta semangat jihad yang tumbuh dalam dirinya, mendorongnya untuk ikut terjun di medan perang. Misalnya ketika Perang Uhud, ia bersama beberapa kaum wanita membantu membawakan air dan memberi  minum pasukan yang kehausan, serta membantu merawat pasukan yang terluka.

Qadarullah, dalam Perang Uhud kaum muslimin mengalami kekalahan akibat sebagian pasukan tidak mengindahkan perintah Rasulullah ﷺ. Sebagian besar pasukan meninggalkan Rasulullah ﷺ , namun tidak dengan Shafiyyah. Ia tetap berdiri dengan keberaniannya seraya berkata “ Apa kalian pergi (layaknya pengecut) meninggalkan Rasulullah?” kepada pasukan di sekitarnya. Kemudian ketika Nabi ﷺ melihat Shafiyyah mendekati jasad saudara kandungnya (Hamzah), beliau memerintahkan Zubair untuk membawa ibunya menjauhi tempat tersebut. Namun apa yang dikatakan sang Mujahidah yang cerdik ini “ Mengapa, aku telah mendengar saudaraku telah dibunuh secara sadis dan itu di jalan Allah. Kami ridha kepada takdir itu. Beritahukan kepada beliau bahwa aku akan bersabar dan mengaharap ridha-Nya, insyaAllah”.

Selain tangguh di medan perang, Shafiyyah juga menjadi sosok ibu yang hebat. Dari Rahim dan didikannya, lahirlah sosok Zubair bin Awwam. Zubair ialah salah seorang prajurit berkuda andalan Rasulullah ﷺ. Sedari dini, Shafiyyah melatih sang buah hati untuk bermain tombak. Zubair pun senantiasa dimotivasi agar mengalahkan siapa yang ditakutinya. Sehingga ketika Zubair dewasa berhasil menumpas benteng-benteng penghalang dakwah, dan selalu menjadi yang terdepan dalam meruntuhkan barisan musuh.

 

Sumber : Suara Hidayatullah

Author : Immawati Firda Nur Hanafiza

Editor : Immawati Fia Kusumadani

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

MAHASISWA DAN DILEMATIKA KEHIDUPAN VIRTUAL

Dekombat.com – Imbas pandemi corona menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat, begitupun di dalam dunia pendidikan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.