Tau Gak Sih?

TAU GAK SIH?

FAKTOR YANG MENYEBABKAN KEGAGALAN KEGIATAN SEORANG WIRAUSAHA

Oleh : Immawati Lia Septianingsih Suradiyono

Menjadi seorang mahasiswa merupakan pilihan seseorang setelah menyelesaikan studinya pada sekolah menengah atas. Berkecimpung didunia perkuliahan tak jarang membuat seseorang merasa bosan karena kegiatan yang dilakukan hanya sebatas belajar dalam kelas. Rute perjalanan yang hanya sebatas Kampus sampai kos membuat seorang mahasiswa mudah terkena stress.

Sebagai mahasiswa, yang katanya agent of change harus bisa melakukan sesuatu yang lebih daripada itu. Selain untuk memperpanjang rute perjalanan, setidaknya mahasiswa lebih bisa produktif dan memanfaatkan waktu luang. Banyak yang bisa dilakukan mahasiswa, seperti mengikuti organisasi, olahraga, bersih-bersih kos, dan berwirausaha.

Berwirausaha adalah pilihan yang dirasa cocok untuk dijalankan seorang mahasiswa terutama yang memliki focus studi tentang ekonomi. Selain waktu luang tergunakan dengan baik, diharapkan dengan menjalankan usaha seorang mahasiswa dapat belajar dan mendapat keuntungan dari kegiatan tersebut.

Meskipun sudah ada niat baik untuk menjalankan usaha, banyak sekali mahasiswa yang hanya semangat menjalankan usaha pada awalnya saja. Dipertengahan jalan menemukan banyak masalah seperti tidak lakunya produk, kurang SDM, dan lain-lain.

Sebelum seseorang melakukan usaha, tentu ada langkah-langkah yang harus diikuti agar permasalahan yang fundamental tidak terjadi atau bisa diminimalisir. Ada beberapa kesalahan yang harus dipahami :

  1. Sebelum memulai usaha

Kesalahan yang biasa dilakukan adalah kesalahan dalam memilih bidang usaha yang akan ditekuni. Dalam mendirikan satu usaha pasti seseorang memiliki alas an untuk itu. Sering sekali usaha hanya ikut-ikutan, atau mungkin hanya mengikuti perkembangan zaman, dan masih banyak alasan. Seorang wirausaha perlu memastikan kegiatan yang akan dipilih harus sesuai dengan kepakaran dan kelayakan, pengalaman, latihan, minat serta kemampuan. Selain jenis usaha, kesalahan yang mungkin dilakuka adalah kesalahan pemilihan tempat perusahaan dan ketidakcukupan modal.

  1. Kesalahan dalam menjalankan perusahaan

Kesalahan saat menjalanka usaha merupakan aspek yang terus menerus dikaji. Kesalahan yang biasa terjadi dalam perusahaan adalah manajemen uang tunai yang tidak efisien, manajemen kredit yang lemah, kesalahan meminjam tanpa pertimbangan dan kelemahan perputaran stok. Selain itu, kesalahan yang mungkin terjadi adalah penggunaan ruang dagang yang salah. Pengusaha mungkin mengatur barang-barang dalam tko berdsarka stok yang ada. Ini dilakuka tanpa mengira kecepatan stok tersebut berputar dan keuntungan setiap jenis stok yang ada. Ini menyebabkan stok yang ada dalam toko merupakan stok barang lama yang tidak laku yang menyebabkan penggunaan ruang yang ttidak efisien yang akan menyebabkan penurunan keuntungan. Kesalahan selanjutnya adalah kegagalan dalam menyimpan catatan perusahaan. Catatan perusahaan sangat penting untuk keperluan rekapitulasi. Banyak yang mengira keuntungan bulanan, kwartalan, tengah tahunan, dan tahunan didasarkan pada sisa uang kas. Hal ini menyebabkan kekurangan informasi yang tepat tentang perusahaannya yang akan berpengaruh pada pembuatan keputusan.

Hal diatas perlu menjadi pertimbangan sebelum dan sedang melakukan usaha. Jangan sampai, waktu luang yang digunakan untuk usaha akan gagal karena ketidaktahuan seseorang dalam berwirausaha. Factor-faktor yang terjadi dilapangan pastinya lebih beragam. Maka, sebelum dan ketika melakukan usaha haruslah diimbangi dengan doa dan restu orangtua. Karena setiap orang memiliki rejeki yang berbeda, maka ketika anda sedsang mengalami masa sulit hal yang dapat dilakukan adalah berdoa dan terus berusaha. And “Do your best!!!”

Sumber : Pengantar Bisnis Edisi 1, Sadono Sukirno (2004)

 

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *