Apa saja keutamaan dan amalan pada bulan muharram


Selamat Datang Bulan Muharram dan Selamat Tahun Baru Hijriyah, Semoga Allah SWT menjadikan tahun baru ini menjadi tahun yang dipenuhi keberkahan dan perlindungan – Nya (Aamiin).
Alhamdulillah, sekarang kita sudah memasuki bulan muharram. Nah, udah tau belum tentang keutamaan dan amalan apa saja yang bisa kita lakukan di Bulan Muharram ini? Pasti ada yang belum tahu kan? Emm, yuk kita simak penjelasannya, agar kita lebih tahu tentang keutamaan bulan muharram dan amalan yang bisa kita lakukan.
Tahun baru Hijriyah dimulai pada bulan muharram dalam penanggalan Islam. Selain menjadi awalan dalam tahun Hijriyah, bulan muharram memiliki keutamaan dan keistimewaan yang telah dijelaskan dalam Al – Qur’an serta Hadits
Bulan Muharram merupakan salah satu dari bulan Haram. Maksudnya, Istilah bulan haram dalam Islam yaitu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT dan ada 4 bulan yang diharamkan diantaranya bulan Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.
Berikut ini keutamaan dan keistimewaan bulan Muharram :
Muharram Merupakan Salah Satu Bulan Yang Disucikan
Maksudnya, pada bulan ini Allah mengharamkan umat Islam melakukan perbuatan yang dzalim atau perbuatan lain yang dilarang oleh Allah misalnya membunuh dan lain sebagainya, karena pada bulan ini Allah akan melipat gandakan dosa yang telah mereka perbuat. Hal ini di jelaskan dalam surat At – Taubah ayat 36.
إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثۡنَا عَشَرَ شَهۡرٗا فِي كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوۡمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَ مِنۡهَآ أَرۡبَعَةٌ حُرُمٞۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلۡقَيِّمُۚ فَلَا تَظۡلِمُواْ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمۡۚ وَقَٰتِلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ كَآفَّةٗ كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمۡ كَآفَّةٗۚ وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلۡمُتَّقِينَ
Artinya : ”Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzhalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” (At – Taubah ayat 36)

Banyak Peristiwa Penting dalam Bulan Muharram
Peristiwa penting yang terjadi pada bulan muhharam yaitu khalifah Ummar Bin Khatab membuat penetapan perkiraan bulan dalam hijrah untuk pertama kali dan pada bulan ini banyak terjadi peristiwa penting yang bersejarah dalam Islam diantaranya : hari dimana Allah menjadikan langit dan bumi, hari dimana Allah menciptakan Adam dan Hawa, hari dimana Allah menjadikan Surga, dan masih banyak peristiwa lainnya yang bersejarah bagi umat islam.

Muharram merupakan Syahrullah (Bulan Allah)
Menurut para ulama apabila suatu makhluk mendapatkan gelar dengan lafadzh jalallah maka diartikan bahwa makhluk tersebut mendapat kemuliaan dari Allah SWT. Misalnya pemberian nama kabah yaitu Baitullah (Rumah Allah). Selain syahrullah, muharram disebut juga dengan Syahrullah Al Asham yang artinya bulan Allah yang sunyi.

Setelah kita mengetahui keutamaannya bulam muharram, selanjutnya kita pahami tentang amalan – amalan Sunnah yang dianjurkan pada saat bulan muhharam :
Puasa
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ
“Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharram”
Puasa yang dimaksudkan bukan berarti puasa penuh, namun memperbanyak puasa Sunnah pada bulan Muharram diantaranya Puasa Tasu’a (9 muharram), Puasa Asyura (10 muharram), Puasa ayyamul Bidh, dan Puasa Senin Kamis.

Memperbanyak Amal Salih
Pada bulan ini bagi orang yang beramal shalih akan menerima pahala yang besar dari Allah SWT, sehingga bukan hanya dosa yang dilipat gandakan namun paala juga di lipat gandakan pada bulan ini.

Taubat
Taubat disini berarti menyesali semua perbuatan buruk dan dosa yang telah diperbuat, lalu ia bertekad untuk tidak melakukannya lagi.

Selain, amalan diatas masih ada amalan yang tidak dianjurkan dalam Islam pada bulan muhharam yang masih dipercayai oleh masyarakat :
Yakin bahwa bulan muharram adalah bulan keramat
Doa awal dan akhir tahun
Puasa awal tahun hijriyyah
Menghidupkan malam pertama pada bulan muharram
Menghidupkan malam hari Asyuro (suro), shalat Asyuro, dan doa hari Asyuro
Ritual berbagai adat dan istiadat di tanah air

Sekarang udah tau kan apa saja keutamaan di bulan muharram ini. Tentunya banyak banget kan yaa amalan – amalan baik yang bisa kita lakukan di bulan ini, eeh tapi jangan lakukan amalah yang tidak dianjurkan diatas yaa.
Semoga Bermanfaat . . . .

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Musik Itu Apa Sih?

DEKOMBAT.COM – Setiap harinya sebagian besar dari kita pasti mendengarkan satu hal ini, yap musik. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *