Jangan Lelahkan Hidupmu Untuk Dunia


Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna, mempunyai akal sehat dan bisa membedakan antara Haq dan batil. Manusia dilain sisi adalah makhluk yang susah bahagia karena terlalu mengejar dunia dan lupa menjalankan tugasnya sebagai hamba Allah.
Pada zaman ini banyak sekali orang yang mati-matian bekerja untuk mendapatkan gaji yang tinggi, akan tetapi lupa akan kewajiban sholat dan zakat. Banyak juga orang yang berpergian ke berbagai negara tetapi lupa untuk menunaikan ibadah haji. Banyak orang yang menghambur-hamburkan uang tetapi lupa untuk menyantuni anak yatim.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ كانت الدنيا هَمَّهُ فَرَّق الله عليه أمرَهُ وجَعَلَ فَقْرَهُ بين عينيه ولم يَأْتِه من الدنيا إلا ما كُتِبَ له، ومن كانت الآخرةُ نِيَّتَهُ جَمَعَ اللهُ له أَمْرَهُ وجَعَلَ غِناه في قَلْبِه وأَتَتْهُ الدنيا وهِيَ راغِمَةٌ
Artinya :“Barangsiapa yang (menjadikan) dunia tujuan utamanya maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya dan menjadikan kemiskinan/tidak pernah merasa cukup (selalu ada) di hadapannya, padahal dia tidak akan mendapatkan (harta benda) duniawi melebihi dari apa yang Allah tetapkan baginya. Dan barangsiapa yang (menjadikan) akhirat niat (tujuan utama)nya maka Allah akan menghimpunkan urusannya, menjadikan kekayaan/selalu merasa cukup (ada) dalam hatinya, dan (harta benda) duniawi datang kepadanya dalam keadaan rendah, hina (tidak bernilai di hadapannya).
Dari hadits diatas kita tau bahwa, orang yang cinta akhirat akan memperoleh Rizki yang telah allah tetapkan baginya tanpa bersusah payah, sedangkan orang yang cinta dunia/mengejar dunia dan melupakan akhirat dia akan memperoleh nya dengan susah payah.
Jadi Berhentilah berlomba menumpuk kekayaan, mengejar kekuasaan dan mengutamakan penampilan. Sejatinya kelak manusia bukan dinilai dari seberapa kaya mereka dan seberapa cantik mereka melainkan manusia akan dinilai dari seberapa banyak amalan yang telah mereka kerjakan.
Kesimpulan nya jangan dibutakan oleh dunia yang fana ini tetapi kejarlah akhirat yang abadi, jangan lelahkan hidupmu untuk kebahagiaan sesaat tetapi imbangi lah dengan bekal diakhirat kelak.

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tuntunan Ibadah Ramadan 1442 H dalam kondisi Pandemi Covid-19

Dekombat.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pada tanggal 22 maret 2021 Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan “Tuntunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *