KARTINI DI TENGAH PANDEMI

Editor : Tim Redaksi Dekombat

DEKOMBAT.COM – Setiap tahunnya Indonesia memperingati hari Kartini pada 21 April sebagai penghormatan atas jasa dan perjuangannya untuk tanah air.

Biasanya Indonesia selalu memperingati dengan berbagai macam acara di seluruh Nusantara namun berbeda dengan tahun ini, pada peringatan kali ini tidak semeriah biasanya karena faktor pandemi virus corona atau Covid-19. Namun tidak melunturkan rasa hormat, peringatan tetap ada walaupun dengan cara yang berbeda.

Kartini memiliki nama panjang Raden Ajeng Kartini (R.A Kartini) atau akrab dengan sebutan Raden Ayu Kartini lahir pada 21 April 1879. Putri dari pasangan Raden Mas Ario Sosroningrat yang merupakan seorang Bupati Jepara saat itu dan M.A Ngasirah yang merupakan keturunan tokoh agama di Jepara.

Kartini bersekolah di ELS (Europese Lagere School). Di sekolah ini Kartini belajar bahasa Belanda. Dengan keterampilannya berbahasa Belanda, Kartini mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-temannya yang berasal dari Belanda. Disitulah timbul keiginan untuk memajukan perempuan pribumi. Perjuangan Kartini dalam memberikan ruang untuk perempuan Indonesia sangat berarti. Emansipasi wanita menjadi bukti dari kegigihan Kartini. Perempuan pribumi juga berhak mendapat ilmu dan pendidikan tinggi. Tak hanya itu, perempuan pun diberi hak untuk ikut mengelola pemerintahan dan politik.

“Buatlah hidupmu menjadi berwarna dan buatlah ceritamu seperti R.A Kartini.”

SELAMAT HARI KARTINI!

Author : Tim Redaksi Dekombat

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *