Musik Itu Apa Sih?

DEKOMBAT.COM – Setiap harinya sebagian besar dari kita pasti mendengarkan satu hal ini, yap musik. Entah buat nemenin nugas, gabut aja, menemani hati yang sedang rapuh ataupun update lagu baru dari musisi idola masing-masing. Pernah kepikiran ga sih sebenernya musih tuh apa, kenapa ada musik, kenapa musik disebut seni atau yang paling simpel aja deh kenapa musik tuh enak didengerin.

Kalo dilihat dari sejarah sih, musik penciptaan musik tuh udah lama banget loh. Musik sudah ada bahkan pada zaman pra sejarah, kata wikipedia sih gitu. Ternyata, penciptaan musik ini awalnya karena suatu ketidaksengajaan manusia jaman dahulu yang meniup tulang kaki kering hewan buruannya terus mengeluarkan suara. Sama ada juga, yang meniup rongga kayu atau bambu lalu mengeluarkan suara, mungkin dari sini awal mulanya ada alat musik tradisional yang disebut suling.

Tapi ini bukan pembahasan sejarah soal musik, soalnya kalo kita ngebahas sejarahnya bakal panjang banget dong. Nah, kita langsung aja ke musik itu apa dan kenapa kita bisa suka mendengarkan musik. Ternyata, manusia itu bisa menyatakan apa yang dirasainnya melalui suara dan bunyi-bunyian selain dengan berbicara tentunya.

Makanya kenapa kok kita bisa suka sama suatu lagu bisa jadi lagu tersebut sesuai sama apa yang lagi kita rasain. Kalo lagi galau, ada sebagian orang yang memilih untuk mendengarkan lagu yang sendu menderu dan bikin dia semakin tenggelam sama apa yang lagi dirasain. Kalo lagi semangat-semangatnya ada yang dengerin lagu yang beatnya kenceng dan bikin dia tambah semangat.

Maka dari itu, musik bisa kita sebut sebagai perwujudan perasaan kita juga makanya kita bisa suka ataupun enak dengerin musik. Musik juga udah ngalamin beberapa kali pengembangan, ada musik klasik dan tradisional yang cenderung lebih mengandalkan nada-nada yang dihasilin dari alat musik atau suara penyanyi. Ada juga musik modern yang lebih fleksibel dan ada penambahan lirik.

Nah, karena ada perkembangan ini juga adanya kebutuhan musik yang akhirnya jadi pemenuh keinginan manusia. Lahirlah genre musik yang berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan keinginan pendengarnya. Ada yang suka Pop, ada yang suka RnB, ada juga yang suka Dangdut sesuai dengan keinginan masing-masing aja.

Sekian dulu pembahasan soal musik, simpelnya musik itu enak didengerin karena kita mau mendengarkan musik itu atau karena sesuai dengan apa yang lagi kita rasain. Apapun genre musik yang kalian suka, tetep be yourself and never surrender.

Penulis : bid. SBO

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tuntunan Ibadah Ramadan 1442 H dalam kondisi Pandemi Covid-19

Dekombat.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pada tanggal 22 maret 2021 Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan “Tuntunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *