Pentingnya Ideologi Bagi Seorang Kader

Pentingnya Ideologi Bagi Seorang Kader

Sejarah telah banyak mencatat bahwa pemuda selalu memiliki peranan penting, selalu menemukan momentum yang tepat, dan pandai untuk menempatkan diri dengan orang tua. Itulah mengapa banyak yang berkata bahwa pemuda adalah kunci dari berlangsungnya sebuah peradaban, negara, ataupun sebuah organisasi. Tak terkecuali kita sebagai kader dari IMM juga mempunyai tanggung jawab atas keberlangsungan sebuah peradaban, negara, atau bahkan organisasi kita sendiri.

Tan Malaka pernah berkata “Idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh pemuda” , maka hari ini bagaimana kader IMM mampu menjadikan ideologi itu untuk menjadi landasan berjuang dalam menegakkan keadilan.

Hari ini IMM memiliki tri kompetensi dasar, antara lain :

1. Keagaman (religiusitas)

Sebagai organisasi perkaderan berbasis keislaman, maka kita dituntut untuk berideologi islam itu sendiri sebagai landasan kita bergerak dan berjuang

2. Keintektualan (intelektualitas)

IMM berproses untuk menjadi pusat-pusat unggulan terutama dalam hal intektual. Melalui wadah ini diharapkan kader mampu berlandaskan pemahaman yang mendalam atas teori teori yang mereka dapatkan, dan bisa menyebarkan pemahaman itu kepada sekitarnya.

3. Kemasyarakatan (humanitas)

Dalam melakukan perubahan maka kita tidak berhenti kepada gagasan yang kita kemukakan dan adanya gerakan yang nyata kepada masyarakat.

Melalui tri kompetensi dasar tersebut kita bisa menjawab bagaimana pentingnya seorang kader memiliki ideologi. Dimana ideologi itu sebagai arah dari sebuah perjalanan hidup organisasi. Berbicara tentang perjalan hidup maka tidak hanya membahas tentang respon seorang kader kepada keberpihakan saja, tetapi sebuah perjalanan juga selalu menuntut kita untuk menjadi seorang yang pandai dalam merespon ketidakberpihakan. Maka dari itu , ideologi menjadi dasar ketika seorang kader bergerak dan berjuang untuk memerangi musuh dari imm itu yaitu kebodohan, ketidakadilan, dan juga kemiskinan.

Penulis : Immawan Virya Akhmaddian Taufik

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tuntunan Ibadah Ramadan 1442 H dalam kondisi Pandemi Covid-19

Dekombat.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pada tanggal 22 maret 2021 Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan “Tuntunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *