Tidur setelah solat subuh baik atau buruk?

Ada yang masih suka tidur setelah solat subuh? Hayo ngaku lo. Ngaku aja ga apa-apa, soalnya aku juga masih suka tidur setelah subuh haha. Tidur lagi setelah subuh memang menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat kaum urban. Banyak yang mendasari hal ini mulai dari kecapekan akibat begadang semalam suntuk, mager atau malas gerak atau gara-gara cuaca dingin dan turun hujan. Kebiasaan tidur sehabis subuh memang menjadi nikmat tersendiri apalagi bagi kaum mahasiswa, terkhusunya kaum rebahan. Eitss tapi ingat kalo ada kelas jam 7 pagi, jangan tidur lagi lo, nanti malah kebablasan. Nah, kebiasaaan tidur sehabis subuh ini ternyata pernah disinggung oleh Baginda Rasulullah Saw lo. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Ibnu Abbas R.a, Rasululullah Saw bersabda:
إِذا صَلَّيْتُمُ الفَجْرَ فَلَا تَنامُوا عَن طَلَبِ أرزاقكم
Artinya:“Ketika kalian telah selesai melakukan shalat subuh, jangalah (mementingkan) tidur yang menjadi penyebab hilangnya rezekimu.”
Dari hadistnya Baginda Rasulullah Saw kita tahu bahwa beliau tidak menganjurkan untuk tidur setelah subuh. Hal ini juga didukung oleh pendapat ulama terdahulu, Syaikh Ibnu Qayyim Al Jauzi Rahimakumullah mengatakan,

نَوْمُ الصُّبْحَةِ يَمْنَعُ الرِّزْقَ؛ لِأَنَّ ذَلِكَ وَقْتٌ تَطْلُبُ فِيهِ الْخَلِيقَةُ أَرْزَاقَهَا، وَهُوَ وَقْتُ قِسْمَةِ الْأَرْزَاقِ، فَنَوْمُهُ حِرْمَانٌ إِلَّا لِعَارِضٍ أَوْ ضَرُورَةٍ،
Artinya : “Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu makhluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang (makruh), kecuali ada penyebab atau keperluan.
Dari kutipan hadist Rasulullah Saw dan ucapan Syaikh Ibnu Qayyim, kita mengetahui bahwa tidur setelah subuh memang tidak dianjurkan, bahkan hukumnya pun makruh. Hal itu beralasan karena waktu subuh atau fajar merupakan waktu diturunkannya rezeki dan barokah dari Allah untuk makhluk-makhluknya. Nah tuh, kalo ga mau rezeki dan barokahnya hilang begitu aja, tidur setelah subuhnya di skip dulu. Jadi, ada yang masih pengen tidur habis subuh?

Setelah kita tahu gimana sih pandangan agama terhadap kebiasaan tidur setelah subuh, sekarang kita akan bahas gimana pandangan kesehatan terhadap hal ini. Agama islam menaungi segala aspek dalam kehidupan, tidak terkecuali kesehatan, menjaga kesehatan sangat wajib hukumnya bagi seorang muslim. Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tidur setelah subuh merupakan pola hidup yang tidak sehat, perlu kita ketahui bahwa pola hidup sehat dampaknya tidak akan kita rasakan sekarang, tetapi di masa yang akan datang. Tidur setelah subuh tidak baik karena diwaktu pagi tubuh memproduksi metabolisme tubuh dan melakukan proses pemanasan. Jadi, jika masih tidur selepas subuh, maka akan berakibat tubuh menjadi lemah dan kurang bersemangat. Dampak lain yang ditimbulakan adalah timbulnya berbagai macam penyakit seperti:
Diabetes
Obesitas
Sakit kepala
Depresi
Penyakit Jantung
Melemahnya Syahwat
Jika dilihat-lihat penyakit yang ditimbulkan sangat berbahaya, kita harus ingat lagi bahwa pola hidup yang tidak sehat akan berakibat buruk di masa yang akan datang. Maka dari itu, sebaiknya kita memulai untuk mengubah pola hidup yang baik dengan dengan tidak membiasakan diri tidur setelah subuh. Berikut ada beberapa tips agar terhindar dari rayuan tidur setelah subuh:
Ubah mainset dan pola pikir
Berolahraga
Tidur malam yang cukup
Jaga pola makan
Lakukan kegiatan positif seperti; belajar, mengaji, jalan-jalan dan lainnya
Sekarang udah pada tahu kan bagaimana dampak yang ditimbulkan dari tidur setelah subuh? Baik atau buruk? Pasti ga baik lah ya. Tidak ada kata terlambat untuk berubah dan tidak ada kata berakhir untuk belajar. Jika di hati masih ada niat, maka tubuh dan jiwa akan ikut bergerak. Hindari tidur subuh agar sehat jiwa dan tubuh. Semoga bermanfaat.

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tuntunan Ibadah Ramadan 1442 H dalam kondisi Pandemi Covid-19

Dekombat.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pada tanggal 22 maret 2021 Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan “Tuntunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *