UBAH INSECURE MENJADI BERSYUKUR


Insecure merupakan perasaan tidak aman, dengan kata lain seseorang akan merasa ada suatu hal yang kosong dan berusaha untuk mengisinya dengan berbagai cara. Insecure adalah hal yang normal terjadi. Tetapi merasa insecure terhadap diri sendiri sepanjang waktu secara berlebihan dapat mempengaruhi setiap aspek kehidupan Anda, mulai dari kesehatan fisik, emosional, hingga pekerjaan Anda. Insecure biasanya timbul dari penilaian orang lain tentang diri kita/body shaming, yang akan membuat kita tidak percaya diri dan tidak bersyukur atas apa yang diberikan Allah. Beberapa faktor yg dapat menyebabkan insecure adalah sebagai berikut :
Adanya body shaming yg membuat kita tidak percaya diri.
Korban bullying karena beberapa alasan seperti mereka membully kita karena tempat tinggal, pakaian, maupun fisik.
Kurang percaya diri karena kecemasan sosial.
Dan masih banyak lagi.
Untuk mengatasi rasa tidak aman, tentu Anda harus mempunyai keinginan untuk melepas dan terus bergerak maju menuju apa yang ingin dicapai, juga bersedia mencoba strategi yang berbeda jika perlu. Berbeda dengan Anda yang merasa tidak aman dalam situasi sosial, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mengingatkan diri sendiri soal apa alasan mengapa Anda merasa tidak aman, dan jangan menghindari situasi sosial. Cobalah untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, meski Anda gugup sekalipun, lalu pikirkan apa yang bisa Anda bicarakan dengan orang-orang, seperti berita terkini, hobi, pekerjaan, atau keluarga.
Bersyukur atas apa yang dimiliki dengan memanfaatkan apa yang diberikan untuk kebaikan diri sendiri, keluarga ataupun masyarakat sekitar. Allah menciptakan manusia dengan bentuk sebaik-baiknya, sebagaimana tertera dalam QS At-Tin [95] : 4-6 yang memiliki arti, “Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya. Kemudian kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahya (neraka), kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka pahala yang tidak ada putus-putusnya.”
Jangan pernah berkecil hati dengan apa yang tidak ada dalam diri. Karena apa yang kita miliki belum tentu dimiliki juga oleh orang lain. Tanpa di sadari perasaan bahwa diri “kalah” dari orang lain di berbagai sisi terutama fisik, ekonomi dan pendidikan adalah hal yang membuat seseorang semakin tidak percaya diri. Ingatlah derajat  seorang hamba dihadapan Allah hanyalah ketaqwaan.
Jadi, stop membandingkan diri anda dengan orang lain, stop membenci tubuh anda, wajah anda, kebiasaan anda, selalu cintai mereka. Katakan pada diri anda setiap hari I love my self, I love who I am, I love my flaws, they make me and “me” is pretty amazing.

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

TERORISME ADALAH MUSUH YANG HARUS KITA PERANGI !

Peristiwa Bom Bali 2002 Dekombat.com – kasus bom bali 2002 Kasus bom bali yang terjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *