Ada Apa di Hari Perlindungan Anak Internasional?

Editor : Tim Redaksi Dekombat

DEKOMBAT.COMHari Anak Internasional atau Hari Perlindungan Anak Internasional diperingati oleh banyak negara di dunia mulai tahun 1950.
Penetapan ini berdasarkan hasil kongres Women’s International Democratic Federation di Moskow, Rusia pada tanggal 4 November 1949. Hari Perlindungan Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, sementara pada tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional, dan Hari Anak Universal diperingati pada tanggal 20 November.  Dengan banyaknya peringatan hari anak semoga dapat selalu mengingatkan kita semua betapa pentingnya anak-anak dalam regenerasi kehidupan.

Hari anak mengajak kita dan seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian untuk menghormati, menghargai dan menjamin hak anak terpenuhi. Dengan pemberian hak-hak dan perlindungan anak yang baik oleh lingkungan sekitarnya, diharapkan akan mendapatkan generasi penerus bangsa yang cerdas akhlak dan pikirnya serta cinta pada tanah air. Segala hal baik yang diperoleh anak-anak akan mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangannya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Saat ini masih banyak kasus-kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) terhadap anak. Kasus pelanggaran anak dimulai ketika hak akan anak diabaikan. Mulai dari penelantaran anak, pembuangan bayi, pernikahan dini, perdagangan anak, mempekerjakan anak di bawah umur, dan masih banyak lagi. Melihat hal tersebut, anak membutuhkan perlindungan dan hukum. Lahirnya Undang-Undang Perlindungan Anak rapkan mereka akan mampu menikmati hak-hak sebagai anak.

Pada Hari Perlindungan Anak Internasional ini semoga seluruh anak-anak di dunia khususnya di Indonesia tercinta bisa hidup dengan nyaman, aman, tentram dan terpenuhi segala harap yang dicita-citakan. Semakin cerdas pola pikirnya, mulia akhlaknya, serta sehat jasmani dan rohani.

Author : Tim Redaksi Dekombat

About Tim Redaksi Dekombat

Website ini dikelola oleh Tim Redaksi Dekombat IMM FEB UMY

Check Also

Malam Refleksi: IMM Organisasi Intelektual yang Terformulasikan Dalam Gerakan

Dekombat.com – Telah terlaksana acara Malam Refleksi sebagai salah satu rangkaian acara Semarak Milad IMM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *